Baznas Pasaman Salurkan Zakat Sebesar Rp238 Juta

"Ini merupakan pendistribusian zakat awal 2018"
Pemasangan Stiker binaan Baznas kepada Usaha Kecil Menengah Keliling (UKMK) (KLIKPOSITIF/Man St Pambangun)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman distribusikan dana sebesar Rp238 juta kepada 208 pihak yang berhak menerimanya. Ini merupakan pendistribusian zakat awal 2018.

Seluruh dana tersebut disalurkan dengan program yang Baznas Pasaman miliki. Seperti zakat untuk lanjut usia (Lansia), beasiswa, modal usaha, keluarga miskin, biaya berobat dan bedah rumah.

Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, Syafrizal mengatakan, penyaluran zakat tersebut diawali penyerahan beasiswa di SMPN 4 Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping, sekaligus pemasangan Stiker binaan Baznas kepada Usaha Kecil Menengah Keliling (UKMK).

"Kita juga mengajak bapak Kapolres Pasaman, Kemenag, Camat Lubuk Sikaping, KUA, Walinagari dan Jorong untuk menyerahkan zakat tersbut" ujar buya Syafrizal kepada KLIKPOSITIF, Sabtu 10 Februari 2018.

Selain penyerahan zakat, pihaknya juga tausyiah dengan ibu wirit yasin dan Majlis Ta'lim se Kecamatan Lubuk Sikaping, olah raga bersama pemuda, camat, walinagari serta tabligh akbar bersama ninik mamak, alim ulama di Masjid Raya Tanjung Beringin.

"Ini dalam rangka mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah. Maka perlu senergisitas program antar instansi, terkait" sebutnya.

Menurut Syafrizal, seluruh dana tersebut disalurkan melalui lima program unggulan yang telah dilaksanakan. Pertama Pasaman sejahtera seperti fakir, lansia atau jompo. Kemudian, Pasaman sehat seperti biaya bantuan berobat, penerima adalah warga yang memakai BPJS, kegunaannya untuk biaya yang tidak ditanggung oleh BPJS, seperti biaya transportasi dan akomodasi lainnya."Kita juga mempunyai program Pasaman Cerdas dengan menyerahkan beasiswa untuk pelajar SD hingga mahasiswa perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri warga asal Pasaman" jelasnya. 

Selain itu, Baznas juga mempunyai program Pasaman peduli. Program ini sasarannya untuk warga miskin dalam bentuk bedah rumah.

"Terakhir program ... Baca halaman selanjutnya