Buka Musrenbang Kecamatan Tanjung Harapan, Wako: Kedepankan Kepentingan Bersama

"kebijakan pembangunan yang dikeluarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan salah satu solusi untuk mengatasi berbagai persoalan dan kebutuhan bersama masyarakat"
Wako Solok Zul Elfian tekankan pentingnya usulan masyarakat dalam pembangunan daerah. (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Penyusunan usulan pembangunan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan harus memprioritaskan program pembangunan yang bermanfaat dan berdaya guna secara luas bagi masyarakat. Bukan pembangunan atas kepentingan sekelompok masyarakat saja.

"Pembangunan yang baik itu lahir dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat luas," ungkap Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian saat membuka Musrenbang tingkat Kecamatan di Aula Kantor Camat Tanjung Harapan, Senin (12/2).

Menurut Zul Elfian, kebijakan pembangunan yang dikeluarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) merupakan salah satu solusi untuk mengatasi berbagai persoalan dan kebutuhan bersama masyarakat, bukan pribadi maupun golongan.

Selain itu, dalam penyusunan usulan pembangunan, hendaknya pihak terkait dan masyarakat juga memperhatikan arah kebijakan dan branding Kota Solok yang mengusung semangat religius sebagai Kota Beras Serambi Madinah.

Ada sejumlah indikator dalam mewujudkan kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah, salah satunya, sebut Zul Elfian adalah pembangunan yang mengarahkan masyarakat agar meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

"Pembangunan dan pembenahan sarana ibadah tentu sangat perlu diperhatikan, jangan sampai masyarakat atau jamaah merasa tidak betah di Masjid akibat kurangnya fasilitas," sebut Zul Elfian.

Selain itu, ia juga mengingatkan agar masyarakat kembali mengusulkan pembangunan yang terbengkalai sebelumnya untuk dilanjutkan, sehingga pemanfaatannya bisa optimal dan dirasakan seluruh masyarakat.

Pembangunan Gedung Kecamatan Tanjung Harapan agar lebih representatif juga dipandang perlu dalam upaya peningkatan ... Baca halaman selanjutnya