Gandeng Toyohashi Jepang, Kota Solok Sukses Kembangkan Air Olahan Siap Minum

"Pengolahan air batang lembang menjadi air layak minum melalui IPA KTK masih terbatas."
Wako H. Zul Elfian dan Wawako Reinier meminum air olahan siap minum yang dihasilkan IPA KTK. (Istimewa)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -- Usaha pemerintah kota Solok dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan air bersih dan sehat tidak sia-sia, melalui kerjasama dan pendampingan   pihak Toyohashi Jepang, PDAM Kota Solok berhasil memproduksi air olahan siap minum.

Hal itu terungkap dalam peluncuran Air Olahan siap minum melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Kelurahan KTK, kota Solok, Selasa (13/2). Keberhasilan ini menjadi kado tersendiri bagi masyarakat jelang 2 tahun kepemimpinan Zul Elfian-Rerinier.

Bahkan, bahan baku air diambil lansung dari aliran Batang Lembang yang notabenenya kotor, akan tetapi melalui teknologi pengolahan air yang dikembangkan bersama pihak Toyohashi Jepang, air yang diproduksi bersih, higienis, sehat sehingga layak konsumsi.

Diakui Zul Elfian, persoalan air bersih selama ini memang menjadi persoalan atau kendala yang kerap dikeluhkan masyarakat, sebab air menjadi kebutuhan mutlak bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Alhamdulillah, usaha yang kita lakukan bersama sudah menampakkan hasil, tentunya ini tidak terlepas dari upaya dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat," ungkap Zul Elfian dihadapan direktur PDAM se Sumatera Barat yang tergabung dalam Perpamsi.

Secara tidak lansung, dengan adanya air minum siap minum, akan semakin mengurangi beban ekonomi masyarakat. Pihak Pemko juga berencana menerapkan sistem penyediaan air siap minum melalui kran seperti yang diterapkan di Kota Toyohashi Jepang.

Keberhasilan ini, diharapkan akan lebih mendorong PDAM Kota Solok untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang menjadi pelanggan air bersih. Zul Elfian berkeyakinan PDAM Kota Solok mampu berbuat lebih banyak untuk ... Baca halaman selanjutnya