Ransang Minat Kerja dan Usaha Masyarakat, Pemko Siapkan Pelatihan Keterampilan

" keterampilan dalam dunia kerja dan wirausaha menjadi tuntutan yang harus dimiliki masyarakat guna menyonsong persaingan ekonomi yang semakin kompetitif"
Seleksi calon peserta pelatihan yang dilakukan oleh pihak DPM-PTSP Kota Solok (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) kembali membuka ruang bagi segenap masyarakat untuk membekali diri dengan keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja dan wirausaha saat ini.

Sejumlah pelatihan dibuka untuk meransang masyarakat agar lebih siap masuk dunia kerja maupun membuka usaha sendiri. Mulai dari pelatihan stir mobil, Security, Magang Kerja pola rantau, magang kerja dalam daerah, pelatihan AMT, komputer mupun penempatan untuk magang ke Jepang.

Menurut Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Reinier, keterampilan dalam dunia kerja dan wirausaha menjadi tuntutan yang harus dimiliki masyarakat guna menyonsong persaingan ekonomi yang semakin kompetitif.

"Tanpa ada keterampilan kerja dan berwirausaha yang mumpuni, tentu kita akan semakin jauh tertinggal. Keterampilan menjadi modal dasar yang mutlak harus dimiliki," ungkap Reinier, Rabu (14/2).

Pemko Solok terus mendorong tercipta dan tumbuhnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan memanfaatkan sumber daya lokal daerah. Terlebih lagi, Kota Solok selama ini dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa.

Potensi ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal. Disinilah peran dari pemerintah daerah untuk memfasilitasi masyarakat yang kreatif dan inovatif untuk meraih setiap inci peluang yang ada.

Kabid PA dan Tenaga Kerja Sisvamedi melalui Kasi Advokasi Pris Gusgo Pertason mengatakan untuk tahun 2018 ini, DPM-PTSP bakal melakukan sejumlah pelatihan dan pembekalan terhadap masyarakat yang berminat. Untuk tahap awal pesertanya masih terbatas.

Pelatihan stir mobil akan diterima sebanyak 10 orang, Tenaga Security 10 orang, ... Baca halaman selanjutnya