Tekan Angka Kecelakaan, Wawako Solok Ajak Masyarakat Tertib Lalu Lintas

Wawako Solok Reinier bersama Kapolres Solok Kota dan Dandim 0309 Solok kampanyekan tertib berlalu lintas
Wawako Solok Reinier bersama Kapolres Solok Kota dan Dandim 0309 Solok kampanyekan tertib berlalu lintas (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok , Reinier mengajak masyarakat untuk membudayakan tertib berlalu lintas dalam kehidupan sehari-hari. Terutama bagi generasi muda, yang kerap menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

“Dari data yang ada, mayoritas yang sering menjadi korban kecelakaan lalu lintas adalah generasi muda usia produktif,” ungkap Wakil Walikota Solok , Reinier usai apel gelar pasukan operasi keselamatan Singgalang 2018 di Mapolres Solok Kota, Kamis (1/3).

baca juga: Pemko Solok Koordinasi Persiapan Penerapan New Normal dengan Mendagri

Budaya tertib lalu lintas, sebut Wawako, harus ditanamkan sejak dini disetiap diri masyarakat. Baik dari segi kelengkapan berkendara, surat-surat kendaraan hingga pemahaman akan aturan dan rambu lalu lintas.

Menurut Reinier, membangun budaya tertib berlalu lintas tidak saja menjadi tanggungjawab Polisi semata. Namun, merupakan tanggungjawab bersama baik Pemerintah daerah maupun pihak terait lainnya.

baca juga: Kapolres Solok Kota Terima Penghargaan dari Pemko Solok

 “Kita harus saling mengingatkan, terutama anak dan kemenakan kita agar patuh dalam berkendara. Kalau memang anak kemenakan kita tidak layak membawa kendaraan maka jangan diberikan kendaraan,” sebut Reinier.

Wawako Solok berharap, Dengan adanya momentum operasi Keselamatan Singgalang 2018, semakin mengingatkan masarakat akan pentingnya tertib dalam berlalu lintas. Sebab semuanya juga untuk keselamatan diri.

baca juga: Kota Solok Kembali Perpanjang PSBB Hingga 7 Juni 2020

Disisi lain, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan mengungkapkan, operasi Keselamatan Singgalang 2018 bakal dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2018 di sejumlah titik di wilayah hukum Polres Solok Kota.

Dalam operasi kali ini, ada beberapa pelanggaran berpotensi kecelakaan yang menjadi perhatian petugas. Diantaranya, Melawan arah lalu lintas, Penggunaan Handphone saat berkendara, Berboncengan lebih dari satu orang dan berkendara dibawah umur.

baca juga: Halalbihalal Via Zoom oleh PLN Sumbar Bersama Stakeholder

“Dalam Operasi, Kita sangat mengedepankan upaya preemtif dan preventif serta penegakan hukum sehingga lahir kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas, bukan hanya lengkap karena takut dengan petugas,” ungkap AKBP Dony Setiawan didampingi Kasatlantas Iptu R. Samual

Usai apel gelar pasukan lansung dilanjutkan dengan kampanye safety Riding seputaran Kota Solok dan finish di Kodim 0309 Solok . Tidak ketinggalan, Wakil Walikota Solok juga turut ikut berkendara menggunakan sepeda motor.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial