Wawako Solok Imbau KPM PKH Jangan Menyalahgunakan Bantuan

Wawako Solok, Reinier minta KPM agar memanfaatkan bantuan sesuai peruntukannya
Wawako Solok, Reinier minta KPM agar memanfaatkan bantuan sesuai peruntukannya (Ist)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok , Reinier meminta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk dapat memanfaatkan bantuan Program keluarga Harapan (PKH) sesuai dengan peruntukannya. Jangan disalahgunakan untuk kebutuhan lain.

“Manfaatkan dana yang diberikan untuk kebutuhan anak sekolah, Ibu Hamil, lansia dan tambahan gizi anak. Jangan malah dibelikan untuk pulsa dan rokok,” Ungkap Wawako Solok menjawab KLIKPOSITIF usai Apel gelar pasukan di Mapolres Solok Kota, Kamis (1/3).

baca juga: Pemko Solok Koordinasi Persiapan Penerapan New Normal dengan Mendagri

Menurut Reinier, PKH merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah pusat dalam memangkas angka kemiskinan. Dimana setiap Keluarga Sangat Miskin diberikan bantuan dana sosial untuk pemenuhan kebutuhan.

Rabu Kemarin, Pemerintah Kota (Pemko) Solok melalui dinas sosial telah menyalurkan bantuan tahap pertama bagi 619 Keluarga Penerima Manfaat. Dimana 362 KPM di Kecamatan Lubuk Sikarah dan 257 KPM di Kecamatan Tanjung Harapan.

baca juga: Kapolres Solok Kota Terima Penghargaan dari Pemko Solok

Melalui program tersebut, secara tidak lansung sangat membantu pemerintah Kota Solok dalam menurunkan angka kemiskinan. Hingga kini, angka kemiskinan masyarakat kota Solok masih berkisar di kisaran 3 persen lebih.

“Tentunya, Program ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas Keluarga Sangat Miskin sehingga bisa mengakses layanan kesehatan dan pendidikan sebagaimana mestinya," terang Reinier.

baca juga: Kota Solok Kembali Perpanjang PSBB Hingga 7 Juni 2020

Pemko Solok menargetkan penurunan angka kemiskinan hingga 1 persen pada tahun 2020 mendatang. Untuk mencapai itu, dibutuhkan kerja keras semua pihak dan stakeholder terkait. Berbagai program digulirkan guna mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Termasuk dengan membuka ruang bagi masyarakat yang ingin memulai berusaha. Penyediaan bantuan modal usaha dengan teknis sederhana dioptimalkan baik melalui BMT, LP2EM dan Baznas kota Solok .

baca juga: Halalbihalal Via Zoom oleh PLN Sumbar Bersama Stakeholder

Kepala Dinas Sosial kota Solok , Rosavella mengatakan, Keluarga yang berhak menerima Manfaat PKH di Kota Solok sebelumnya sudah divalidasi oleh pendamping PKH, sesuai dengan petunjuk teknis dan kriteria program.

Bantuan ini diberikan sesuai dengan kategorinya yang telah ditentukan, bagi KPM yang ada lansia atau disabilitas diberikan bantuan sebesar Rp2 juta sedangkan bagi KPM yang memiliki  Bumil dan Anak sekolah diberikan bantuan Rp. 1,89 juta. Pencairan dilakukan sebanyak 4 tahap.

[Syafriadi]

Penulis: Webtorial