Tekan Inflasi, TPID Kota Solok Imbau Masyarakat Jaga Pola Konsumsi

"Supaya harga kebutuhan pokok menjelang dan saat bulan puasa tidak terkena inflasi terlalu tinggi, kita harus menjaga pola konsumsi kita seperti biasa dan tidak berlebihan"
Pimpin Rakor TPID, Sekda Kota Solok Rusdianto tekankan pentingnya peran semua pihak dalam menekan laju inflasi daerah (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Guna menahan laju Inflasi tetap rendah dan stabil, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Solok yang diketuai Wali Kota (Wako) Zul Elfian mengimbau masyarakat agar tidak terlalu berlebihan dan konsumtif. Apalagi jelang dan saat bulan suci Ramadhan nantinya.

"Supaya harga kebutuhan pokok menjelang dan saat bulan puasa tidak terkena inflasi terlalu tinggi, kita harus menjaga pola konsumsi kita seperti biasa dan tidak berlebihan," ungkap Wako Solok Zul Elfian melalui Sekda Rusdianto saat memimpin rapat koordinasi bersama TPID, Selasa (10/4) di kantor Balaikota Solok.

Sikap konsumtif masyarakat yang biasanya muncul menjelang dan selama bulan puasa menjadi salah satu faktor terjadinya inflasi atau kenaikan harga barang secara umum dan terus menerus, hal ini bisa dicegah dengan menjaga pola konsumsi yang sederhana, namun kebutuhan gizi tetap terpenuhi.

Menurut Sekda, Inflasi yang rendah dan stabil akan berdampak positif terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat dengan terjaganya daya beli. Inflasi yang rendah dan stabil juga kondusif bagi para pelaku ekonomi untuk mengambil keputusan dalam melakukan kegiatan ekonomi.

Berdasarkan hasil rakor bersama TPID Sumbar, Pihaknya juga akan mengoptimalkan kinerja satgas pangan, sidak pasar secara berkala, gelar pasar murah jika diperlukan, menggandeng ulama untuk himbauan konsumsi sewajarnya.

"Media juga berperan sangat besar dalam membemtuk ekspektasi positif di masyarakat, kita akan optimalkan semua lini agar laju inflasi di kota Solok tetap stabil dan rendah," terangnya dihadapan pengurus TPID Kota Solok.

Kepala Divisi Advisori dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi ... Baca halaman selanjutnya