Menjanjikan, Pemko Solok Dorong Pengembangan Usaha Minyak Atsiri Sereh Wangi

"Kita berkeinginan untuk menjadikan Kota Solok sebagai sentra penghasil minyak atsiri sereh wangi"
Wawako Solok Reinier berdiskusi terkait potensi ekonomi usaha minyak atsiri sereh wangi dengan kelompok tani (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Melihat berbagai potensi dan sumber daya yang ada, Pemerintah Kota (Pemko) Solok menargetkan daerah tersebut menjadi salah satu sentra pengembangan dan penghasil minyak atsiri. Apalagi pangsa pasar minyak hasil Destilasi sereh wangi ini cukup menjanjikan.

"Kita berkeinginan untuk menjadikan Kota Solok sebagai sentra penghasil minyak atsiri sereh wangi," ungkap Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Reinier saat bersilahturrahmi dengan kelompok tani minyak atsiri di kawasan Gawan, Tanah Garam, Kamis (12/4).

Menurutnya, peluang usaha minyak atsiri sangat terbuka lebar dikarenakan tingginya permintaan akan minyak hasil penyulingan sereh wangi. Secara bertahap, usaha ini bisa menjadi salah satu solusi dalam membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Masih minimnya pasokan bahan baku sereh wangi di Kota Solok, sebut Reinier, bisa disiasati dengan pemanfaatan lahan tidur yang terbilang masih banyak di Kota Solok. Hal ini juga menjadi sebuah peluang kerja dan usaha bagi masyarakat.

"Saya minta seluruh Organisasi Perangkat Daerah Terkait, khususnya Dinas pertanian, dinas perdagangan Koperasi dan UKM dan juga pariwisata untuk bersinergi dalam mendorong berkembangnya usaha minyak atsiri di Kota Solok," tegas Reinier.

Pemanfaatan sumber daya alam, Sumber Daya Manusia yang handal dan didukung dengan teknologi pertanian yang sudah berkembang, bukan hal mustahil menjadikan kota Solok menjadi kawasan penghasil minyak atsiri di Sumatera Barat, bahkan Indonesia.

Seperti diketahui, usaha produksi minyak atsiri Sereh Wangi sudah mulai menampakkan geliatnya di kota beras sejak beberapa tahun silam. Minyak yang dihasilkan dari proses ... Baca halaman selanjutnya