Nilai Pemanfaatan Toga dan Akupresur, Tim Provinsi Kunjungi Kota Solok

"Masyarakat Kota Solok saat ini sudah diarahkan untuk melakukan perawatan kesehatan secara mandiri dengan pemanfaatan toga dan akupresur"
Wawako Solok, Reinier menunjukkan koleksi Toga yang dibudidayakan di Asman Surga Selasih, Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Tim penilai Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan akupresur Provinsi Sumatera Barat mengunjungi Kelompok Asuhan Mandiri (Asman) Surga Selasih Dasawisma Nangka 14, Kelurahan Laing, Kota Solok, Senin (4/6).

Rombongan tim penilai tersebut diketuai oleh Yulia Fitri dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Eva Manjas dari Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat serta Khalida dari PKK Provinsi Sumatera Barat, masing-masing sebagai anggota.

Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Reinier yang menyambut lansung kedatangan tim penilai mengatakan, budidaya Tanaman obat keluarga di lingkungan perumahan merupakan sebuah upaya dalam mengajak masyarakat agar lebih peduli dengan kesehatan.

"Kita sama-sama mengetahui keuntungan Toga dan teknik Akupresur bagi kesehatan kita semua. Untuk itu, mari kita bersama lebih giat mengajak masyarakat secara luas untuk membudidayakan Toga di lingkungan tempat tinggal," sebut Reinier.

Menurutnya, banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan terkait buduadaya tanaman obat berskala lingkungan keluarga. Keberadaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro) di Solok tentunya harus dimanfaatkan secara maksimal.

"Kita bisa bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mendorong pengembangan Toga di kota Solok, dan kalau diusahakam secara maksimal, kota Solok akan menjadi percontohan pemanfaatan Toga dan Akupresur di Sumatera Barat," jelasnya.

Wawako juga sangat mengapresiasi seluruh kader yang telah bekerja keras dan ikhlas selama ini, dan pastinya sangat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tentunya apa yang dilakukan oleh kader akan lebih maksimal jika ... Baca halaman selanjutnya