Penilaian APE 2018, Wawako Presentasikan Pelaksanaan PUG Kota Solok

Presentasi dihadapan Tim Verifikasi, Wawako Yakin Kota Solok raih penghargaan APE 2018
Presentasi dihadapan Tim Verifikasi, Wawako Yakin Kota Solok raih penghargaan APE 2018 (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Ikuti penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tingkat Nasional Tahun 2018, Wakil Walikota Solok Reinier mempresentasikan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Kota Solok di Aula Kantor Gubernur Sumatera Barat, Kamis (1/11).

Wawako tidak hadir sendirian, namun turut didampingi oleh Kepala Bappeda Jonedi, Kadis PPPA Delfianto, Inspektur Kota Solok Irawadi, Kadis Sosial Rosavella YD, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Dedi Asmar, Kepala Balitbang Raflis, Kepala Disdukcapil Syaiful Rustam, unsur perguruan tinggi, lembaga masyarakat dan dunia usaha, serta seluruh Pokja PUG.

baca juga: Pemko Solok Koordinasi Persiapan Penerapan New Normal dengan Mendagri

Dalam presentasinya dihadapan tim verifikasi Kementrian P3-A, Wawako Solok mengupas tentang Visi, Misi, prioritas pembangunan daerah, Isu-isu pembangunan serta pelaksanaan pembangunan PUG di kota Solok . Mulai dari permasalahan, solusi hingga inovasi yang dilakukan.

Menurut Reinier, berbagai sosialisasi mensukseskan PUG telah dilakukan di kota Solok dengan menyentuh berbagai kalangan baik aparatur pemerintahan maupun secara lansung terhadap kalangan masyarakat.

baca juga: Kapolres Solok Kota Terima Penghargaan dari Pemko Solok

"Sosialisasi Pengarisutamaan Gender dilakukan untuk mengurai akar masalah, mengidentifikasi dan mencari solusi sehingga tercipta kesetaraan gender melalui pengelolaan dan penganggaran yang responsif," sebut Reinier.

Kendati demikian, diakui Reinier, berbagai persoalan masih perlu menjadi perhatian dalam mewujudkan kesetaraan gender ditengah masyarakat. Masih kurangnya pemahaman hingga adanya anggapan PUG hanyalah Ranah perempuan menjadi tantangan tersendiri.

baca juga: Kota Solok Kembali Perpanjang PSBB Hingga 7 Juni 2020

Untuk efektifitas pelaksanaan PUG di daerah, maka dilakukan optimalisasi strategi Nasional Percepatan PUG melalui perencanaan dan penganggaran Responsif Gender yang disusul dengan petunjuk dan pelaksanaan perencanaan yang telah disusun.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan sekali dua tahun oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang dinilai telah berkomitmen dalam pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.

baca juga: Halalbihalal Via Zoom oleh PLN Sumbar Bersama Stakeholder

APE dibagi dalam 3 kategori, Pratama, Madya, Utama dan Mentor. Tahun 2018, ada 10 daerah kabupaten/kota yang akan diverifikasi data penilaian APE 2018. Diantaranya Kota Solok , Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Agam, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Tanah Datar.

Adapun Teknis penilaian APE 2018 wajib menghadirkan Kepala OPD yang tergabung dalam Tim Penggerak/Driver PPRG (Bappeda, DPPPA, BKD, Inspektorat), Kepala OPD lain yang berfungsi sebagai Champion/pelaksana utama prioritas pembangunan, lembaga lain diluar pemerintah seperti lembaga masyarakat, perguruan tinggi dan dunia usaha.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah