Dukung KIP, Bupati Pasaman Pesankan Hal Ini

"Dalam melaksanakan pelayanan informasi kita harus berpedoman pada transparansi, akuntabiliti, kondisional, partisipatif, kesamaan hak serta keseimbangan hak dan kewajiban"
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis saat membuka kegiatan PPID Pasaman (Ist)

PASAMAN, KLIKPOSITIF - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis menegaskan informasi merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang untuk pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya juga merupakan bagian penting bagi ketahanan Nasional.

Hal tersebut dikatakan Bupati Pasaman saat menghadiri acara Penguatan Tugas dan Fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Pasaman sekaligus launching Aplikasi Rencana Umum Kegiatan Nagari (RUKN) di Aula KOGSDA Lubuk Sikaping, Jumat 2 November 2018.

"Kegiatan molor 30 menit, besok jangan sampai terulang lagi seperti ini. Kita harus disiplin dan komitmen terhadap kebijakan yang kita buat yaitu tahun tertib, disiplin dan berbunga serta komitmen. Kita menunggu jadwal yang telah ditetapkan, bukan menunggu peserta" tegasnya.

Menurut Yusuf Lubis, pemberlakuan UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik pada 20 April 2010 merupakan momentum penting dalam mendorong keterbukaan informasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Pasaman. UU ini telah memberikan landasan hukum terhadap hak setiap orang dalam memperoleh informasi publik.

Sebagaimana, yang diamanatkan dalam pasal 13 UU Nomor 14 Tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2010, yang sekarang baru diganti dengan Peraturan Meteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

"Dalam melaksanakan pelayanan informasi kita harus berpedoman pada transparansi, akuntabiliti, kondisional, partisipatif, kesamaan hak serta keseimbangan hak dan kewajiban," ujarnya.

Melalui kesempatan ini Pemerintah Kabupaten Pasaman meminta kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh dan bagi semua OPD yang terlibat ke dalam PPID melakukan koordinasi dengan Kominfo Kabupaten Pasaman untuk menetapkan daftar Informasi ... Baca halaman selanjutnya