Manjakan Masyarakat, Disdukcapil Kota Solok Lengkapi Berbagai Fasilitas Pelayanan

"Fokus pelayanan tidak saja diberikan pada masyarakat secara umum, namun juga bagi kalangan ibu menyusui."
Suasana pelayanan Administrasi Kependudukan di Disdukcapil Kota Solok (KLIKPOSITIF/Syafriadi)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Meningkatkan kenyamanan terhadap masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok terus melakukan pembenahan, terutama di ruang sentra pelayanan.

Sejumlah sentuhan dilakukan di area ruang uatama pelayanan. Tata ruang dan desain yang cerah seakan membuat masyarakat betah sembari menunggu selesainya urusan administrasi yang memakan waktu tidak lama.

Fokus pelayanan tidak saja diberikan pada masyarakat secara umum, namun juga bagi kalangan ibu menyusui. Ruang laktasi atau menyusui juga dilengkapi dengan sofa dan sarana bermain bagi balita.

Bagi kaum disabilitas juga tak perlu risau, saat ini juga sudah disediakan kursi roda khusus bagi masyarakat yang mengalami keterbatasan fisik. Bagi mereka, disediakan loket khusus disabilitas sesuai standar pelayanan.

Diakui Kadisdukcapil, Syaiful, sentuhan baru terhadap sejumlah fasilitas di Disdukcapil ditujukan untuk menciptakan suasana nyaman, baik bagi petugas yang melayani masyarakat begitu juga dengan masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

“Dengan suasana ruang tunggu yang nyaman dan sistem pelayanan yang baik diharapkan membuat masyarakat puas dan tidak canggung mengurus seluruh bentuk administrasi kependudukan," sebut Syaiful, Jum'at (11/1).

Sentuhan pelayanan amat kentara dirasakan di area Front Office, ruang perekaman data e-KTP hingga ruang laktasi dan bermain anak. Semua tertata rapi dan fasilitas yang disediakan cukup lengkap.

Kondisi ini sungguh jauh berbeda dibanding sebelumnya, yang mana area pelayanan pada Disdukcapil masih belum tertata dengan baik lantaran gedung yang dipakai saat ini sebelumnya adalah ... Baca halaman selanjutnya