"Ditolak" Dewan, Pemko Solok Tegaskan Perlunya Penataan Pasar Raya

"Pasar raya Solok merupakan salah satu etalase atau cerminan kota Solok, tentunya perlu dibenahi agar lebih representatif"
Wako Solok Zul Elfian menjelaskan pentingnya penataan kawasan pasar raya Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kota (Pemko) Solok menegaskan perlunya penataan kembali kawasan pasar raya Solok, khususnya seputaran jalan lingkar koto panjang. Hal itu dilakukan untuk menghadirkan suasana pasar yang nyaman, tertib dan bersih.

"Pasar raya Solok merupakan salah satu etalase atau cerminan kota Solok, tentunya perlu dibenahi agar lebih representatif," ungkap Walikota Solok Zul Elfian saat rapat paripurna di DPRD Kota Solok, Rabu (30/1).

Untuk mewujudkan pasar raya Solok yang Bersih dan elok, ulas Zul Elfian, perlu dilakukan penataan terhadap bangunan-bangunan kios yang posisinya berada diatas saluran air.

Sebab, suasana kumuh dan bau menyengat tidak dapat dihindarkan karena sulit untuk membersihkan saluran air atau riol yang ada dibawah bangunan.

Selain itu, ungkap Zul Elfian, kondisi pasar yang jauh dari kata layak bersih dan elok itu membuat pengunjung pasar menurun, akibatnya, jual beli pedagang pun berkurang.

Masyarakat terutama golongan ekonomi menengah keatas lebih cendrung untuk mencari alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan dapur tanpa harus masuk pasar yang kondisinya tidak layak.

"Untuk itu, perlu kita lakukan penataan kembali, dan upaya itu mendapat dukungan dari pemerintah pusat melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)," ulas Zul Elfian.

Disisi lain, tambah Zul Elfian, kota Solok juga memiliki fasilitas pasar yang cukup memadai, seperti pasar pagi di kawasan Simpang Rumbio dan pasar semi modern yang peraih berada disamping Jalan lingkar Koto Panjang.

Pemko Solok sangat berharap, wacana relokasi pedagang untuk mewujudkan kondisi pasar yang baik mendapat dukungan dari berbagai pihak, baik dari legislatif maupun dari ... Baca halaman selanjutnya