Wako Solok: Tingkatkan Ekonomi Keluarga dari Pekarangan Rumah

"Kalau kita sudah punya tanaman rempah, sayur dan buah maka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membelinya"
Wako Solok minta masyarakat aktif manfaatkan areal pekarangan rumah (Humas Protokol dan Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Walikota (Wako) Solok Zul Elfian mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah sebagai media menanam tanaman bermanfaat. Mulai dari rempah, sayur, Buah hingga tanaman obat.

Dengan gerakan pemanfaatan pekarangan rumah, sedikit banyaknya akan sangat membantu setiap keluarga dalam memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga, terutama untuk mencukupi kebutuhan dapur.

"Kalau kita sudah punya tanaman rempah, sayur dan buah maka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membelinya," sebut Zul Elfian ketika sosialisasi pemanfaatan pekarangan, Rabu (19/6) di Aula SMP 5 Kota Solok.

Secara otomatis, ulas Zul Elfian, dengan kreatifitas masyarakat dalam memaksimalkan lokasi pekarangan akan mampu menekan pengeluaran biaya keluarga sehingga uangnya bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain.

Bahkan, tidak sedikit juga masyarakat perkotaan yang berhasil menjadikan areal sempit di pekarangan rumah sebagai sumber tambahan penghasilan keluarga hanya dengan membudidayakan tanaman sayur dan jenis lainnya.

Dikatakan Zul Elfian, Asal ada kemauan, banyak cara dan teknik yang bisa dilakukan untuk membudidayakan tanaman-tanaman yang memang menjadi kebutuhan sehari-hari setiap keluarga.

"Itu bisa dipelajari, yang penting adalah niat, apalagi tidak membutuhkan biaya yang banyak. Cukup sederhana tapi memiliki manfaat yang sangat luar biasa dalam membantu ekonomi keluarga," terang Zul Elfian.

Diikui Wali Solok, areal produktif kota Solok cukup terbatas, meningkatnya kebutuhan lahan untuk pemukiman akibat pertambahan jumlah penduduk setiap tahunnya di kota Solok juga mengancam semakin berkurangnya jumlah areal ... Baca halaman selanjutnya