Direnovasi, Masjid Al-Hidayah Bakal Jadi Masjid Termegah Kedua di Kota Solok

Wako Solok Zul Elfian saat meninjau persiapan renovasi Masjid Al-Hidayah VI Suku
Wako Solok Zul Elfian saat meninjau persiapan renovasi Masjid Al-Hidayah VI Suku (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF – Pembangunan bidang keagamaan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kota (Pemko) Solok dibawah kepemimpinan Zul Elfia-Reinier. Selain gencarnya kegiatan bernafaskan Islam, Pemko juga tidak luput membangun dan merenovasi sejumlah Masjid dan Musala.

Julukan Kota Solok Sebagai Kota Beras Serambi Madinah seakan menjadi penegasan akan arah pembangunan kota Solok yang memang berlandaskan pada pembangunan keagamaan. Syiar agama begitu kental terasa.

Memang diakui Walikota (Wako) Zul Elfian, dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan, sedikitnya ada lebih kurang 6 Masjid yang dibangun melalui APBD kota Solok. Termasuk pemugaran Masjid dan Musala lainnya.

Baca Juga

“Sebagai pusat kegiatan keagamaan dan pendidikan Islam, Kita tentu berupaya menghadirkan suasana Masjid dan Musala yang paripurna dan nyaman bagi bagi semua kalangan masyarakat,” ungkap Zul Elfian ketika meninjau persiapan pemugaran Mesji Al-Hidayah VI Suku, Senin lalu (12/8).

Dengan kondisi sarana ibadah yang nyaman, tentu diharapkan akan semakin mendorong masyarakat untuk memakmurkan Mesjid. Baik untuk kegiatan ibadah, pendidikan Islam dan kegiatan positif lainnya.

Hingga saat ini, Masjid Agung Al-Muhsinin masih menjadi Mesjid termegah di kota Solok. Sarana dan prasarana yang terbilang lengkap serta pelataran parkir yang luas, membuat masyarakat nyaman beribadah. Bahkan tidak sedikit masyarakat luar yang sengaja datang untuk beribadah ke Masjid Agung.

Terhadap perencanaan pemugaran Masjid Al-Hidayah VI Suku, Zul Elfian berharap bisa terlaksana dengan maksimal. Sehingga Masjid yang berada di jantung kota Solok itu bisa menjadi Masjid Termegah kedua di Kota Solok.

“Kita harap Mesjid Al-Hidayah bisa menjadi ikon berikutnya setelah Mesjid Agung untuk memancing antusiasme masyarakat lokal untuk memakmurkan Mesjid dan memancing masyarakat luar datang ke kota Solok. Kita harap ada ciri khas unik dari Mesjid Al-Hidayah,” sebut Zul Elfian.

Tak hanya fokus ke eksterior, Zul Elfian juga menekankan agar nantinya dapat memperhatikan fasilitas serta sarana dan prasarana yang menunjang seperti Karpet, Taman Masjid, Tempat Parkir, lighting, Sound system dan kebersihan Mesjid.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkim kota Solok, Jusmardi mengatakan, ada sejumlah design yang telah disiapkan konsultan perencana untuk renovasi Masjid Al-Hidayah. Setelah selesai perencanaan dan final design yang digunakan, akan segera dimulai pengerjaannya.

“Kita siapkan anggaran kurang lebih 7 Milyar untuk renovasi Masjid Al-Hidayah dengan berbagai sarana dan prasarana yang lengkap,” ungkap Jusmardi menjawab Klikpositif, Rabu (14/8).

Secara letak, Masjid Al-Hidayah memang sangat strategis. Dekat dengan lapangan Merdeka kota Solok dan Istiqlal Park yang memang kerap digunakan sebagai lokasi kegiatan-kegiatan besar di kota Solok. Di seberang Masjid juga ada Rumah Sakit Tentara.

[Syafriadi]

Penulis: Khadijah | Editor: -