Serahkan LKPD 2019, Wako Solok Optimis Kembali Raih Opini WTP

Wako Solok, Zul Elfian menyerahkan LKPD tahun 2019 kepada Kepala BPK-RI perwakilan Sumbar, Yusnadewi.
Wako Solok, Zul Elfian menyerahkan LKPD tahun 2019 kepada Kepala BPK-RI perwakilan Sumbar, Yusnadewi. (Humas dan Protokol Pemko Solok)

KLIKPOSITIF - Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian menyerahkan langsung Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) di Jum'at (13/03).

LKPD yang disampaikan Wako Solok diterima langsung Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Barat, Yusnadewi. Menurutnya, Kota Solok termasuk daerah yang awal menyerahkan LKPD.

"Terimakasih pemerintah daerah yang sudah menyerahkan laporannya lebih cepat dari waktu yang ditetapkan, setelah ini kami akan lakukan pemeriksaan sesuai dengan peraturan yang berlaku" Ungkap Yusnadewi.

Baca Juga

Ditegaskannya, Opini WTP terhadap LKPD yang telah disampaikan bukan suatu hal yang patut dibanggakan, namun sejatinya merupakan suatu keharusan yang dilakukan oleh setiap pemerintah daerah.

LKPD merupakan cerminan pengelolaan anggaran dan kinerja daru Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintah daerah, selama satu tahun anggaran. Laporan yang disampaikan tentu harus sesuai dengan kenyataan dan bisa dipertanggungjawabkan.

"Memberi opini terhadap LKPD yang disampaikan oleh pemerintah daerah bukan perkara gampang, butuh pertimbangan yang matang dan pemeriksaan sesuai standar perundang -undangan, " tuturnya.

Wali Kota Solok , H. Zul Elfian mengapresiasi tim dan seluruh OPD yang telah menyusun LKPD tahun 2019. Laporan yang disampaikan menjadi salah satu bentuk cerminan atas apa yang telah dilakukan pemerintah kota Solok sepanjang tahun kemarin.

Diakuinya, Pemerintah Kota Solok masih butuh bimbingan oleh BPK RI Perwakilan Sumbar dalam pengelolaan keuangan. Hal tersebut guna mewujudkan laporan keuangan yang lebih transparan dan akuntabel sebagaimana diharapkan.

"Kita sangat berharap bimbingan dari BPK RI Perwakilan Sumbar. Mudah-mudahan laporan keuangan yang kita sampaikan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ungkap Zul Elfian usai menyerahkan laporan.

Pihaknya sangat optimis, dari LKPD yang disampaikan bisa membuahkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebagaimana yang telah diperoleh oleh kota Solok sebelumnya. "Mudah-mudahan, kita kembali meraih opini WTP seperti tahun-tahun sebelumnya," tutupnya.

[Syafriadi]

Baca Juga

Editor: Khadijah