Kupas Soal Pelayanan Publik, Pemko Solok Gelar Forum Pakar

Wako Solok, Zul Elfian berdiskusi dengan pakar asal Unand, Dr. Aidinil zetra
Wako Solok, Zul Elfian berdiskusi dengan pakar asal Unand, Dr. Aidinil zetra (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Samakan persepsi terhadap permasalahan pelayanan publik, Pemerintah Kota Solok Belalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menggelar Forum Pakar, Senin (16/3/2020). Wakil Dekan Fisip Unand, Dr. Aidinil zetra ditunjuk sebagai keynote Speaker.

Forum bertajuk "Perubahan Budaya Birokrasi dan Nilai-Nilai Dasar Birokrasi Pemerintah Daerah Kota Solok dibuka langsung oleh Wali Kota Solok Zul Elfian di Aula Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Laing Kota Solok .

Wali Kota Solok , Zul Elfian mengatakan, melalui forum pakar diharapkan dapat melahirkan kebijakan mengenai perubahan budaya birokrasi yang bermuara untuk kemajuan pembangunan di Kota Solok .

Baca Juga

"Sebuah sistem yang dibangun tanpa didukung Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal akan menjadi sia-sia, namun sebaliknya, sistem yang ditopang dengan SDM yang baik akan berjalan maksimal," ungkap Zul Elfian.

Dikatakannya, peningkatan kinerja dan pelayanan publik menjadi salah satu prioritas pemerintah kota Solok . Sistem reformasi birokrasi menjadi hal yang perlu diwujudkan semua pihak. Pelayanan cepat dan terpadu.

Sentra-sentra pelayanan yang berkaitan langsung dengan masyarakat perlu dimaksimalkan. Salah satu jalannya dengan melahirkan inovasi-inovasi. Pada dasarnya, inovasi lahir untuk memecahkan persoalan.

"Alhamdulillah, sudah banyak inovasi yang dilahirkan oleh Organisasi Perangkat Daerah kota Solok dan itu sudah mendapatkan pengakuan dari Lembaga Administrasi Negari Republik Indonesia (LAN-RI)," sebutnya.

Zul Elfian mengingatkan OPD untuk memaksimalkan inovasi yang telah dilahirkan dengan meningkatkan kemampuan SDM, peningkatan komunikasi dan koordinasi lintas sektoral. Seluruh OPD saling berkaitan.

Sementara itu, Kepala Balitbang kota Solok , Marwis menjelaskan, forum tersebut menjadi media diskusi untuk menyatukan persepsi terhadap permasalahan pelayanan publik sekaligus merespon perubahan peningkatan manejemen kualitas pelayanan publik.

"Dari forum ini diharapkan dapat melahirkan rumusan kebijakan mengenai perubahan budaya dan nilai-nilai dasar organisasi pemerintah daerah Kota Solok guna meningkatkan daya saing dan kepercayaan publik terhadap pemerintah daerah" tutupnya.

[Syafriadi]

Baca Juga

Editor: Khadijah