Pantau Posko Penanganan Corona, Wako: Perketat Pendataan Orang Masuk

Wako Solok Zul Elfian meninjau kesiapan posko penanganan COVID-19 di Kota Solok
Wako Solok Zul Elfian meninjau kesiapan posko penanganan COVID-19 di Kota Solok (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF - Monitor upaya pencegahan dan penanganan virus Corona, Wali Kota (Wako) Solok Zul Elfian meninjau langsung posko-posko penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang ada di wilayah Kota Solok , Sabtu (28/3/2020).

Pantauan KLIKPOSITIF , Wali Kota Solok melakukan peninjauan posko induk di RSUD Solok di kawasan Banda Panduang. Wako langsung melihat kesiapan fasilitas, petugas dan peralatan standar penanganan Corona.

baca juga: Pemko Solok Koordinasi Persiapan Penerapan New Normal dengan Mendagri

Usai kunjungan, Wako langsung berangkat menuju posko penanggulangan COVID-19 di samping Rumah Sakit Tentara, depan Lapangan merdeka, termasuk posko pantauan di kawasan Terminal Bareh Solok .

Menurut Zul Elfian, Posko penanganan COVID-19 kota Solok harus selalu siap dan siaga dalam menghadapi berbagai kemungkinan seiring dengan semakin meningkatnya jumlah kasus positif Corona di berbagai wilayah di Sumatra Barat.

baca juga: Kapolres Solok Kota Terima Penghargaan dari Pemko Solok

"Saya liat posko sudah berjalan dengan baik dan menerapkan standar prosedur yang dikeluarkan oleh pemerintah, kita semua harus bergerak seirama untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus," tutur Wako.

Wali kota juga menekankan pada gugus tugas penanggulangan COVID-19 kota Solok dan pihak terkait lainnya untuk menjalankan protokol dan pendataan ketat terhadap orang-orang yang masuk ke wilayah kota Solok .

baca juga: Kota Solok Kembali Perpanjang PSBB Hingga 7 Juni 2020

"Harus kita data dan periksa dengan ketat orang-orang yang datang ke kota Solok , terutama bagi mereka yang baru kembali atau berasal dari daerah yang positif terjangkit virus Corona," sebutnya.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat yang baru kembali dari luar daerah agar melaporkan diri pada posko dan gugus tugas penanganan COVID-19 kota Solok , hal itu dimaksudkan untuk mencegah masuknya Corona ke kota Solok .

baca juga: Halalbihalal Via Zoom oleh PLN Sumbar Bersama Stakeholder

Kendati tidak menunjukkan gejala terpapar Corona, masyarakat yang baru datang ke kota Solok juga diminta untuk mau mengisolasi diri secara mandiri. Camat dan jajaran kebawah harus proaktif mengontrol orang keluar masuk wilayah kota Solok .

"Perlu dipahami bersama, ini bukanlah aib yang harus ditutupi, kalau memang ada masyarakat yang terindikasi atau menunjukkan gejala Corona, lakukan prosedur yang telah ditetapkan," tutupnya.

Selain itu, Wako juga meminta dinas terkait untuk memperhatikan keamanan dan kebutuhan petugas yang ditempatkan di Posko. Seluruh kebutuhan, termasuk vitamin dan alat perlindungan diri harus dipenuhi.

Pemerintah kota Solok juga akan menerbitkan edaran wajib lapor 1 x 6 jam ke Posko COVID-19 kepada seluruh masyarakat yang baru datang ke Kota Solok dan selanjutnya mengikuti prosedur penanganan COVID-19.

Caption :

(Prokomp)

Editor: Khadijah