Antisipasi Corona, Kota Solok Intensifkan Penyemprotan Desinfektan

Wako Solok, Zul Elfian turun langsung melakukan penyemprotan desinfektan
Wako Solok, Zul Elfian turun langsung melakukan penyemprotan desinfektan (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Wali Kota(Wako) Solok , Zul Elfian kembali turun langsung melakukan upaya penyemprotan desinfektan di sejumlah titik fasilitas umum yang ada di Kota Solok , Selasa (31/3/2020).

Penyemprotan yang dilakukan merupakan bagian dari upaya pencegahan secara masif dan serentak untuk meminimalisir potensi penyebaran Corona Virus Desease (COVID-19) di seluruh wilayah Kota Solok .

baca juga: Pemko Solok Koordinasi Persiapan Penerapan New Normal dengan Mendagri

Rangkaian penyemprotan diawali dengan apel gelar pasukan di Mapolres Solok Kota . Gerakan pencegahan juga diikuti Ketua DPRD, Yutris Can, Kapolres Solok Kota , AKBP Ferry Suwandi, Dandim 0309/ Solok , Letkol Arm Reno Triambodo, serta personel gabungan penyemprotan disinfektan.

Wali Kota H.Zul Elfian memberikan apresiasi atas keterlibatan semua pihak dalam mencegah penyebaran Corona di wilayah kota Solok . Bahkan, menurutnya, upaya yang dilakukan dilakukan secara terus menerus baik pagi, siang dan malam.

baca juga: Kapolres Solok Kota Terima Penghargaan dari Pemko Solok

"Ini merupakan tugas yang sangat mulia, kita yakin virus itu bisa saja terbawa dan menyebar di Kota Solok , Untuk itu mari kita tingkatkan kewaspadaan dan gerakan pencegahan untuk menghambat perkembangan virus yang sangat berbahaya tersebut," sebut Zul Elfian.

Dikatakan Zul Elfian, letak kota Solok yang berada di jalur lintas utama Sumatra membuat kota Solok sangat rentan terhadap penyebaran virus Corona, untuk itu, tindakan pencegahan sangat perlu dilakukan secara tersistem dan berkelanjutan.

baca juga: Kota Solok Kembali Perpanjang PSBB Hingga 7 Juni 2020

Penyemprotan desinfektan menjadi salah satu pencegahan yang dinilai efektif. Selain itu, pendataan dan pemeriksaan secara ketat terhadap masyarakat yang keluar masuk kota Solok harus dilakukan secara ketat.

"Seluruh masyarakat yang baru saja kembali dari daerah terjangkit harus terdata dan memeriksakan diri ke posko COVID-19 kota Solok serta akan dipantau selama 14 hari, kalau ada indikasi maka akan dilakukan tindakan karantina dan perawatan lebih lanjut," terangnya.

baca juga: Halalbihalal Via Zoom oleh PLN Sumbar Bersama Stakeholder

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok , Yutris Can mengajak seluruh relawan agar menjaga diri. Menurutnya, DPRD Kota Solok akan menyiapkan penganggaran agar kegiatan pencegahan Covid-19 di kota Solok berjalan baik.

"Kerjasama dan upaya yang dilakukan bersama diharapkan dapat menghindarkan kota Solok dari sebaran COVID-19, dukungan dari seluruh masyarakat juga sangat menentukan, kota Solok bersatu padu mengantisipasi Corona," pesannya.

Disisi lain, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi mengatakan, selama satu minggu bekakangan dilakukan penyemprotan disinfektan secara masif baik di jalanan, fasilitas umum maupun titik keramaian yang ada di kota Solok .

"Alhamdulillah, kondisi kita di Kota Solok masih kondusif. Kedepannya, penyemprotan disinfektan akan dilakukan secara periodik untuk antisipasi, kita juga perlu memberikan edukasi pada masyarakat" ujar Kapolres.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah