Pemprov Sumbar Bersedia Lanjut Perbaikan Jalan Depan BP2IP

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni saat menyampaikan permohonan kelanjutan pengaspalan jalan di depan BP2IP Tiram, Ulakan pada Kadis PUPR Sumbar Fathol Bari di Pendopo, Pariaman.
Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni saat menyampaikan permohonan kelanjutan pengaspalan jalan di depan BP2IP Tiram, Ulakan pada Kadis PUPR Sumbar Fathol Bari di Pendopo, Pariaman. (Istimewa)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF -Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar ), Fathol Bari, merespon positif permohonan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni untuk kelanjutan pengaspalan jalan di depan Diklat Balai Pelayaran dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) di Tiram, Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis, Senin 5 Juni 2017.

Hal itu karena, untuk perbaikan jalan tersebut merupakan kewenangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar , sehingga pembangunan dan perbaikan sepenuhnya menjadi tanggungjawab Provinsi Sumbar .

baca juga: Korban Banjir di Lengayang Dapat Bantuan dari Darul Siska

"Saya merasa sangat bersyukur, karena tadi Pak Kadis PUPR menyampaikan bahwa dia akan memasukkan anggaran untuk pengaspalan jalan di depan Balai Diklat Pelayaran pada APBD Perubahan tahun ini," kata Bupati Ali Mukhni di Pendopo, Pariaman, Rabu 31 Mei 2017.

Sebagaimana diketahui, pada 2016, pengaspalan jalan sebelumnya telah dilakukan sepanjang 1,5 kilometer, namun panjang jalannya ada 2 Kilometer. Jadi masih ada 500 meter lagi yang belum diaspal.

baca juga: Sampai di Mesir Perjuangan Nabila Belajar di Al-Azhar Segera Terwujud, Orangtua: Terimakasih Semua Donatur

Saat ini jalan di sekitar kawasan Tiram sudah rusak parah. Jika ada hujan lebat, maka lobang pada jalan akan menjadi lebih dalam lagi, sehingga banyak mobil ynag terjebat dan mogok dan menimbulkan ketidaknyamanan pengguna jalan.

Ali Mukhni mengakui, selama ini jalan alternatif Padang Pariaman memang telah banyak dilewati kendaraan roda empat dari mobil pengangkut yang juga berasal dari Pasaman Barat, Agam atau sebaliknya. Hal itu jugalah yang menyebabkan keadaan jalannya begitu parah.

baca juga: Awali Tahun Baru, Bupati Irfendi Arbi Raih Penghargaan Peduli HAM

"Apalagi jika Lebaran nanti, pastinya jumlah lalu lintas akan semakin padat sehingga perlu menjadi perhatian Pemprov Sumbar yang berkolaborasi dengan Pemkab Padang Pariaman ," katanya.

Ia menjelaskan, upaya kita dari Pemkab Padang Pariaman  selama ini untuk mengatasi jalan yang berlobang yaitu dengan malakukan penimbunan dan kemudian mengeraskannya.

baca juga: Besok, Tenaga Kesehatan di Padang Mulai Divaksin

[Heri Martoni]

Penulis: Webtorial