Pemkab Padang Pariaman Terima 1.400 Mahasiswa KKN

Wabup Suhatri Bur, terima berkas dari Isril Berd untuk 1.400 nama mahasiswa yang akan KKN di wilayah Padang Pariaman.
Wabup Suhatri Bur, terima berkas dari Isril Berd untuk 1.400 nama mahasiswa yang akan KKN di wilayah Padang Pariaman. (KLIKPOSITIF/Heri Martoni)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF  - Wakil Bupati (Wabup) Padang Pariaman terima 1.400 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Sumbar untuk ditempatkan ke sejumlah Nagari di Padang Pariaman , Rabu 12 Juli 2017

Suhatri Bur mengharapkan agar mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi yang melaksanakan KKN di daerahnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat untuk membantu percepatan terlaksananya program Pemkab Padang Pariaman , seperti pembentukan Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) yang mana akan menjadi salah satu program unggulan pemerintah daerah.

"Salah satu program unggulan pemerintah saat ini yaitu Badan Usaha Milik Desa atau di sini bernama BUMNag," kata Suhatri saat menyambut kedatangan mahasiswa KKN dari lima perguruan tinggi se- Sumatra Barat.

Ia kembali mengukapkan, cara yang sebaiknya digunakan mahasiswa KKN dengan para masyarakat adalah dengan berbaur dengan masyarakat seperti rutin ke surau dan sesekali duduk di kedai kopi tempat dimana banyak berkumpul.

baca juga: Diduga Hendak Pesta Sabu, Polisi Ringkus Tiga Orang di Padang Pariaman

"Disana mahasiswa bisa berkomunikasi pada masyarakat dari berbagai golongan, mulai dari kelas masyarakat menengah sampai masyarakat biasa.

Sementara itu, Dosen Universitas Andalas yang mewakili salah satu pihak perguruan tinggi, Prof. Dr. Isril Berd menyebutkan, ada sekitar 1.400 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN selama 40 hari dan tersebar di berbagai nagari di Kabupaten itu.

baca juga: Warga Tandikek Ditemukan Meninggal di Sungai Batang Mangoi

Adapun lima perguruan tinggi tersebut yaitu Universitas Andalas, Taman Siswa, Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Universitas Bung Hatta, dan Universitas Ekasakti.

"Bentuk kegiatan yang diselenggarakan dalam KKN tahun 2017 ini yaitu seperti pengelolaan kakao, kelapa, dan mitigasi bencana dan lainnya," terangnya.

baca juga: Sambut HUT RI ke 75, Polisi di Padang Pariaman Bagikan Bendera dan Masker untuk Warga

Ia mengimbau pada mahasiswa mahasiswa KKN, agar mencari tau adannya permasalahan di suatu daerah dan menemukan solusinya, serta memberikan motivasi dan ilmu-ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah kepada masyarakat.

"Hal itu bertujuan agar kehadiran kita sebagai kaum intelktual bisa memberikan mamfaat di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

baca juga: Datangi Rumah Warga Miskin, Ini yang Dilakukan Polres di Padang Pariaman

[Heri Martoni]

Penulis: Webtorial