Sekda Solsel: Pemuda Indonesia yang Maju Miliki Karakter Kuat dan Inovatif

Sekretaris Daerah Solok Selatan Yulian Efi Membacakan Pidato Menteri Pendidikan saat menjadi inspektur upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Padang Aro, Senin (28/10)
Sekretaris Daerah Solok Selatan Yulian Efi Membacakan Pidato Menteri Pendidikan saat menjadi inspektur upacara peringatan hari Sumpah Pemuda di Padang Aro, SeninĀ (28/10) (Ist)

SOLSEL KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan " href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/kategori/solok-selatan" target="_blank"> Kabupaten Solok Selatan Yulian Efi mengatakan momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 28 Oktober 2019 Pemuda Indonesia lebih maju memiliki karakter yang kuat dan inovatif, karena pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau.

"Di satu sisi, dengan memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing", Kata Yulian Efi Membacakan Pidato Menteri pada Upacara peringatan Sumpah Pemuda di Padang Aro, Senin 28/10

baca juga: Jaga Kebugaran di Tengah Pandemi, PWI Solsel Gelar Laga Persahabatan dengan PT SEML

Baca juga: Solsel Berduka Raja Rantau XII Koto Meninggal Dunia" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/59400/solsel-berduka-raja-rantau-xii-koto-meninggal-dunia" target="_blank"> Solsel Berduka Raja Rantau XII Koto Meninggal Dunia

Baca juga: Solsel Diminta Tingkatkan Pendapatan Nagari" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/59418/walinagari-se-solsel-diminta-tingkatkan-pendapatan-nagari-1571923546" target="_blank">Walinagari se- Solsel Diminta Tingkatkan Pendapatan Nagari

baca juga: Peserta Pilkada Tidak Mematuhi Protokol Kesehatan, Ini Langkah yang Akan Diambil Bawaslu Solsel

Solsel Diminta Berperan Perangi Narkoba" href="http://webtorial. KLIKPOSITIF .com/baca/59637/kader-pkk-solsel-diminta-berperan-perangi-narkoba" target="_blank">Baca juga: Kader PKK Solsel Diminta Berperan Perangi Narkoba

Namun imbuhnya, pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, sebab informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme.

baca juga: Sekwan DPRD Solsel Sebut EST Tidak Hadir saat Kunker ke DPRD Sumbar

"Bahkan dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara", Jelasnya.

Ia melanjutkan agar Pemuda dapat membendung informasi destruktif tersebut harus memiliki karakter yang tangguh.

baca juga: Pegawai Setda Serta Dinas Pariwisata Solsel Jalani Tes Swab

"Pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas." katanya.

Selain itu, Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

"Karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia", Jelasnya.

Ia menambahkan Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya.

Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”, Tukasnya. [Kaka]

Penulis: Khadijah