Perdana, Wako Solok Serahkan Isi Celengan Gebuk Sakuku

Wako Solok, Zul Elfian menyerahkan celengan Gebuk Sakuku pada petugas KP3K kelurahan
Wako Solok, Zul Elfian menyerahkan celengan Gebuk Sakuku pada petugas KP3K kelurahan (Humas dan Protokol Pemko Solok)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF - Pemerintah kota (Pemko) Solok terus menggalakkan gerakan sosial untuk penanggulangan kemiskinan. Salah satunya melalui program Gerakan Seribu Koin Untuk Saudaraku Yang Kurang Mampu (Gebuk Sakuku).

Program yang resmi di gulirkan pada Desember 2019 lalu itu sudah mulai berjalan. Ratusan celengan Gebuk Sakuku disebar ke berbagai instansi pemerintah daerah dan juga masyarakat ekonomi mampu.

baca juga: ASN Kota Solok Bantu Mantan Pasien COVID-19

Program Gebuk Sakuku dikelola sepenuhnya oleh Komite Pelaksana Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (KP3K). Kotak Gebuk Sakuku diambil setiap bulannya untuk dibuka dan disalurkan pada keluarga kurang mampu.

Wali Kota (Wako) Solok , Zul Elfian juga tidak ketinggalan menjadi salah satu keluarga penerima kotak Gebuk Sakuku. Bahkan, Zul Elfian menerima dua celengan sekaligus, satu sebagai Wali Kota Solok dan satu lagi sebagai warga.

baca juga: Deteksi COVID-19, Pemkab Solok Lakukan Pool Test pada 30 Kluster

Setelah hampir satu bulan, celengan yang dititipkan di rumah Wako sudah penuh dan langsung diserahkan pada KP3K kelurahan Nan Balimo karena Wako tercatat sebagai warga daerah tersebut, Selasa (17/3/2020). Isinya lebih kurang Rp500 lebih.

Menurutnya, Gebuk Sakuku merupakan gerakan positif yang digagas Pemko Solok dalam membantu masyarakat miskin melalui partisipasi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan keluarga mampu untuk menyisihkan rezkinya dalam bentuk sumbangan, sedekah, dan infak.

baca juga: Libatkan Tenaga Ahli, Pemko Solok Matangkan Dokumen GDPK

"Tidak ada unsur paksaan, jadi ASN yang hendak bersedekah maupun infak bisa menyalurkannya melaluinya kotak Gebuk Sakuku yang dititipkan di Instansi masing-masing," terang Wako.

Zul Elfian berharap, kedepannya tidak hanya instansi dilingkungan Pemko Solok yang menjalankan program Gebuk Sakuku, namun juga organisasi atau instansi vertikal yang ada di wilayah kota Solok sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu.

baca juga: Wako Solok Minta Pimpinan OPD Aktif Turun Ke Masyarakat

Sementara itu, Kabag Kesra kota Solok Heppy Darmawan mengatakan, kotak Gebuk Sakuku telah diserahkan pada akhir Februari 2020. Tahap awal, lebih kurang 170 kotak yang disalurkan ke Instansi, Kelurahan dan juga pribadi warga mampu.

"Sementara ini, ada 40 kota yang diletakkan di seluruh OPD lingkup Pemko Solok dan 130 kota disebarkan di masing-masing kelurahan. Setiap bulan akan dikumpulkan kemudian oleh KP3K," terangnya.

Menurutnya, pengelolaan dan penyaluran disesuaikan berdasarkan kelurahan masing-masing. Misalnya di kelurahan Nan Balimo, uang yang terkumpul disalurkan bagi warga kurang mampu di kelurahan tersebut.

"Ini merupakan program yang digagas langsung Wako Solok untuk mengajak masyarakat mampu agar mau menyisihkan hartanya bagi warga kurang mampu, kita optimis kedepan akan semakin berkembang," tutupnya.

[Syafriadi]

Editor: Khadijah