Budayakan Olahraga, Pemko Solok Inisiasi Program Jumat Bersepeda

ASN di lingkungan Pemko Solok gowes keliling kota Solok
ASN di lingkungan Pemko Solok gowes keliling kota Solok (Prokomp)

SOLOK KOTA , KLIKPOSITIF -Meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran Aparatur Sipil Negara (ASN) ditengah wabah Corona, Pemerintah kota Solok menginisiasi program Jumat bersepeda. Seluruh ASN diarahkan untuk berolahraga sepeda setiap hari Jum'at.

Menurut Sekda Kota Solok , Syaiful Rustam, olahraga sepeda santai merupakan jenis olahraga ringan yang digemari oleh berbagai kalangan, olahraga sepeda secara teratur kaya akan manfaat untuk kesehatan.

baca juga: Segarkan Semangat Bermuhammadiyah, PDM Solok Gelar Pengkajian Tingkat Pimpinan

"Bersepeda secara teratur sangat banyak manfaatnya bagi tubuh dan pikiran," terang Syaiful Rustam saat melepas secara resmi Jumat bersepeda di depan Balaikota Solok , Jumat (7/8/2020).

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh pesepeda santai yakni bisa menurunkan tekanan stres akibat rutinitas kerja. Udara bebas dan pemandangan yang dinikmati, apalagi gowes bersama bisa mengalirkan semangat baru.

baca juga: Kadis Perdagangan Sumbar Jabat Pjs Wako Solok

Selain itu, dalam berbagai literatur kesehatan juga disebutkan, olahraga sepeda secara teratur bisa mencegah potensi atau resiko penyakit berat seperti penyakit kardiovaskular.

Dikatakannya Syaiful Rustam, kegiatan Jumat bersepeda akan menjadi agenda rutin di lingkungan pemerintah kota Solok . ASN diminta sejenak meluangkan waktu untuk berolahraga.

baca juga: Cuti Pilkada, Wako dan Wawako Solok Serahkan Aset dan Fasilitas

"Tentunya kegiatan olahraga ini diharapkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran, sehingga bisa mendorong untuk lebih semangat dalam bekerja, lakukan olahraga sesuai kemampuan fisik," terangnya.

Dalam agenda resmi perdana tersebut, diikuti oleh ratusan ASN dari berbagai OPD, pegawai BUMD dan BUMN yang ada di kota Solok . Terlihat, peserta sangat antusias karena olahraga sepeda nyaris sudah menjadi gaya hidup akhir-akhir ini.

baca juga: Dapat Nomor Urut 3, Desra : Kami Maju Untuk Menang

Rute Jumat Bersepeda kali ini dari Balaikota Solok - Gawan - Lapangan Merdeka - Pasar Raya Kota Solok - Kelurahan IX Korong dan kembali ke kantor masing-masing. Dalam pelaksanaan peserta diminta tetap menjalankan protokol kesehatan.

Dengan adanya kegiatan Jumat bersepeda, setidaknya juga menjadi kampanye bagi masyarakat untuk menggelorakan semangat olahraga dalam menjaga kesehatan, tidak harus dengan sepeda, tapi dengan olahraga ringan lainnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah