Seorang Santri Ponpes di Kota Solok Positif COVID-19

Ketua tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok, Syaiful Rustam saat menjalani tes swab di Banda Panduang
Ketua tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok, Syaiful Rustam saat menjalani tes swab di Banda Panduang (Prokomp)

SOLOK KOTA, KLIKPOSITIF -Seorang santri di salah satu pondok pesantren kota Solok dinyatakan positif Corona Virus Desease (COVID-19). Pasien diketahui positif setelah menjalani swab tes yang dilakukan pihak pesantren menjelang masuk pondok.

Diketahui, laki-laki berinisal HW (15), warga Perumnas Tanjung Paku RT 02 RW 04 Kelurahan Tanjung Paku. Dalam catatan perjalanannya, HW sempat berkunjung ke pesantren putra Thawalib, Padang Panjang 4 Agustus 2020 lalu.

baca juga: Segarkan Semangat Bermuhammadiyah, PDM Solok Gelar Pengkajian Tingkat Pimpinan

"Jadi, jelang masuk pondok, santri di pesantren tersebut menjalani tes swab, dan hasilnya satu orang dinyatakan positif COVID-19," terang sekretaris tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 kota Solok , Syaiful Rustam, Sabtu (8/8/2020).

Jelang masuk pondok, santri tersebut selalu salat berjemaah di musala Al-Ikhlas, selain itu, menurut yang bersangkutan kepada petugas, sebelum datang ke pondok, dirinya juga sempat belanja peci dan pakaian di pasar raya Solok .

baca juga: Kadis Perdagangan Sumbar Jabat Pjs Wako Solok

Tim Surverylans kota Solok juga sudah melakukan tracking dan tracing terhadap seluruh kontak erat dengan HW yang tercatat sebagai pasien positif 28 di kota Solok . Sebanyak 6 orang kontak erat sudah didata.

"Untuk saat ini, yang bersangkutan telah berada di POSKO COVID-19 Banda Panduang untuk menjalani isolasi dan penanganan medis selanjutnya, sampai saat ini, kasus di kota Solok sudah 28 kasus," terangnya.

baca juga: Cuti Pilkada, Wako dan Wawako Solok Serahkan Aset dan Fasilitas

Dirincikannya, dari 28 kasus tersebut, sebanyak 2 orang masih menjalani perawatan di rumah sakit, isolasi mandiri sebanyak 5 orang, Isolasi di BPSDM Sumbar sebanyak 8 orang, isolasi di Posko COVID-19 Banda Panduang 5 orang dan 8 orang lainnya sudah sembuh.

Sampai saat ini, tercatat sebanyak 175 orang kontak erat dengan seluruh pasien COVID-19 kota Solok . Sementara itu, jumlah kasus suspek sudah sebanyak 14, dan semuanya dinyatakan negatif.

baca juga: Dapat Nomor Urut 3, Desra : Kami Maju Untuk Menang

Sebaran kasus COVID-19 di kota Solok didominasi oleh kecamatan Lubuk Sikarah dengan 19 kasus. Sementara kecamatan Tanjung Harapan sebanyak 9 kasus dan tersebar di 9 dari 13 kelurahan yang ada.

"Empat kelurahan dari 13 kelurahan yang ada di kota Solok sampai saat ini masih nihil kasus COVID-19, kita berharap jumlah kasus COVID-19 di kota Solok tidak semakin meluas," tutupnya.

Penulis: Syafriadi | Editor: Khadijah