Pemerintahan

Kedua Kalinya, Hj. Zulmiyetti Zul Elfian Pimpin Dekranasda Kota Solok

Ketua Dekranasda Kota Solok, Hj. Zulmiyetty Zul Elfian dilantik ketua Dekranasda Provinsi
Ketua Dekranasda Kota Solok, Hj. Zulmiyetty Zul Elfian dilantik ketua Dekranasda Provinsi (Prokomp)

KLIKPOSITIF - Hj.Zulmiyetti Zul Elfian kembali dilantik menjadi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) Kota Solok masa bhakti 2021-2024. Jabatan tersebut merupakan periode kedua yang diamanahkan pada istri Wako Solok tersebut.

Pelantikan ketua Dekranasda kota Solok dilakukan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat, Hj. Harneli Mahyeldi, di Auditorium Gubernuran, Rabu (3/3/2021). Bersamaan dengan sejumlah daerah lainnya.

baca juga: Kasus Covid-19 Kota Solok Bertambah 11 Orang, 3 Diantaranya ASN

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Asben Hendri, Ketua GOW Kota Solok Ny.Dona Ramadhani Kirana Putra dan tamu undangan lainnya.

Usai pelantikan, Ketua Dekranasda kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian menyampaikan ungkapan terimakasih terhadap seluruh elemen yang telah membantu Dekranasda di Kota Solok dalam membina usaha kerajinan masyarakat.

baca juga: Pelajar SMA Sederajat Kota Solok Ikuti Pesantren Ramadan

"Alhamdulillah, sejauh ini, kerajinan kota Solok sudah cukup dikenal luas, hal itu tidak terlepas dari dukungan Pemko Solok dan instansi terkait serta semangat para pengrajin," tuturnya.

Dalam membantu pengembangan produk kerajinan di kota Solok, selain memberikan pembinaan terhadap pengrajin juga disediakan galeri khusus untuk produk kerajinan di kantor Balaikota Solok serta fasilitasi dalam berbagai ivent dan pameran.

baca juga: Percantik Pasar Raya Solok, Pemko Bakal Lakukan Pembenahan Tahun 2022 Mendatang

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi mengatakan, Produk kerajinan di Sumbar mempunyai potensi yang tinggi, dan dapat menjadi potensi mata pencarian sampingan bagi masyarakat.

"Bahkan, saat ini Provinsi Sumatera Barat dijadikan sentra sulam dan bordir Indonesia. Ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Hasil karya Sumbar telah diakui oleh dunia," harap Audy.

baca juga: Bertemu Menparekraf, Wako Solok Sampaikan Program Pengembangan Pariwisata Kota Beras

Kedepannya, Dekranasda setiap daerah di Sumatra Barat untuk bekerja lebih keras lagi dalam mengenalkan dan mempromosikan hasil karya UMKM lokal di tingkat nasional maupun internasional.

Nantinya, kata Audy, Pemprov Sumbar akan menyediakan lokasi untuk memajang produk-produk hasil binaan Dekranasda di galeri kawasan Kantor Gubernur, sehingga bisa lebih dikenal.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat Hj. Harneli Mahyeldi meminta seluruh ketua Dekranasda untuk serius bekerja mengembangkan produk kerajinan lokal daerah masing-masing.

Dijelaskannya, Dekranasda berperan penting dalam membantu pemerintah dalam menggali, melestarikan dan membina kerajinan di daerah.

"Segala inovasi desain ditengah revolusi industri 4.0 harus dimaksimalkan. Sehingga, hasil kerajinan dapat bersaing baik di tingkat lokal maupun di mancanegara," harapnya.

Editor: Syafriadi