Jelang Puasa 1442 H, Masjid Darianis Yatim SMPN 1 Kota Solok Diresmikan

Wako Solok, H. Zul Elfian menandatangani prasasti tanda diresmikannya masjid Darianis Yatim di SMPN 1 kota Solok
Wako Solok, H. Zul Elfian menandatangani prasasti tanda diresmikannya masjid Darianis Yatim di SMPN 1 kota Solok (Prokomp)

Solok Kota, KLIKPOSITIF - Pasca rampung dibangun beberapa waktu lalu, masjid Darianis Yatim yang dibangun di komplek SMP Negri Kota Solok akhirnya diresmikan penggunaannya, Sabtu (10/4/2021). Masjid diresmikan jelang memasuki bulan puasa 1442 Hijriah.

Masjid hang dibangun melalui dana bantuan yayasan Darianis Yatim tersebut diresmikan langsung Wali Kota Solok , H. Zul Elfian dan dihadiri perwakilan yayasan Darianis Yatim, Rusdi Saleh dan Wawako Solok, Ramadhani Kirana Putra.

baca juga: Berbagi Berkah Ramadan, ACT Solok Gelar Food Van Ifthar

Pada kesempatan itu, Wawako Solok, Dr. Ramadhani Kirana Putra menyampaikan apresiasi terhadap yayasan Darianis Yatim yang telah membangunkan Masjid yang megah dan representatif di SMP Negeri 1 Kota Solok .

"Alhamdulillah, masjid ini sudah rampung dibangunkan oleh yayasan Darianis Yatim, dan tentu kewajiban kita semua untuk memakmurkannya," ungkap Wawako.

baca juga: Gelar Musrenbang, Pemko Solok Susun RPJMD 2021-2026

Dikatakannya, Pemerintah Kota Solok selalu membuka diri bagi siapapun yang ingin berpartisipasi membantu membangun Kota Solok , termasuk dalam bidang keagamaan.

"Masjid merupakan tempat yang sakral dan sentral bagi umat Islam, bukan hanya berperan sebagai tempat beribadah melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat Islam," paparnya.

baca juga: Perkembangan Covid-19 Kota Solok, 3 Sembuh 13 Positif

Wawako sangat menekankan pemanfaatan masjid sebagai pusat kegiatan kegamaan, apalagi masjid dibangun dalam areal sekolah. Dengan adanya masjid yang representatif, warga sekolah maupun masyarakat sekitar nyaman beribadah.

"Masjid Darianis Yatim berdiri di lingkungan sekolah, maka kita berharap anak-anak yang sehari-harinya menuntut ilmu di sekolah ini, ikut menjadikan masjid sebagai tempat mereka menghabiskan waktu untuk menambah ilmu agama dan beribadah kepada Allah SWT," sebut Dhani.

baca juga: Jelang Idul Fitri 1442 H, Pramuka Kota Solok Bagikan Sembako Untuk Warga Membutuhkan

Sementara itu, pelaksana harian Yayasan Darianis Yatim Rusdi Saleh mengatakan, Dari awal berdiri, Yayasan Darianis Yatim telah berkomitmen menjadi mitra strategis pemerintah dalam mewujudkan Kota Beras Serambi Madinah .

Dikatakannya, masjid SMP N 1 Kota Solok merupakan masjid ke 20 yang dibangun yayasan Darianis Yatim di kota Solok. Pembangunan masjid dibiayai secara mandiri oleh yayasan.

"Ini merupakan Masjid ke 20 yang dibangun oleh yayasan di Kota Solok . Yayasan Darianis Yatim tidak tebang pilih dalam berbuat. Dimanapun bisa berbuat, sepanjang dibutuhkan masyarakat," tutup Rusdi Saleh.

Editor: Syafriadi